Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

Profil Jurusan AKL

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan merupakan salah satu Program Keahlian yang dimiliki SMK Negeri 1 Pedan, termasuk dalam Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen yang telah ada sejak berdirinya SMK Negeri 1 Pedan. Saat ini Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan mempunyai 3 rombongan belajar untuk masing-masing tingkat.

Visi Kompetensi Keahlian AKL

Terwujudnya lulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang Berkarakter, Kompeten, dan Berdaya Saing

Misi Kompetensi Keahlian AKL

1. Mengembangkan karakter religius, cerdas, jujur, mandiri, disiplin, dan berjiwa wirausaha
2. Membekali lulusan dengan Sertifikasi Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga
3. Menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri dan profesional sehingga mampu untuk bekerja, berwirausaha atau melanjutkan pendidikan

Uji Kompetensi

Prestasi Siswa

STRUKTUR KURIKULUM SMK Tahun 2021/2022

1. Laboratorium Komputer Akuntansi dan Ruang Praktik Siswa

Lab komputer jaringan dilengkapi dengan fasilitas internet, sebanyak 36 unit komputer klien dan 1 unit komputer server. Untuk Ruang Praktik Siswa dilengkapi dengan laptop 36 unit. Digunakan untuk mata pelajaran Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet kelas X, Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah dan Komputer Akuntansi (program MYOB/Accurate) untuk kelas XI dan XII dengan jadwal penggunaan lab komputer beserta guru pengampu.

2. Bank Mini

Bank mini yang dimiliki oleh Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan SMK Negeri 1 Pedan, merupakan wadah praktik bagi peserta didik dalam belajar secara nyata, dibentuk oleh, dari dan untuk peserta didik. Bank milik Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan diberi nama Bank Bhayangkara, bekerjasama dengan PD. BPR BKK Tulung

3. TUK /Tempat Uji Kompetensi Akuntansi, LSP Teknisi Akuntansi (LSP P3 – Jakarta)

Dalam menyiapkan siswa menghadapi era globalisasi, dan dengan diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 ini, persaingan tenaga kerja tidak bisa ditawar lagi. Untuk meraih peluang kerja yang lebih besar adalah membekali diri dengan Sertifikasi Kompetensi.

  • TUK (tempat uji kompetensi) merupakan tempat untuk uji kompetensi bagi calon assesi (siswa, guru, praktisi/pekerja akuntansi dan keuangan), untuk mendapatkan sertikat kompetensi.
  • Sejak tahun 2006 di SMK Negeri 1 Pedan Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan telah dibentuk tempat uji kompetensi (TUK) Teknisi Akuntansi berdasarkan SK Lembaga Sertifikasi Profesi – Teknisi Akuntansi yang merupakan lembaga professional dan independent dibawah naungan Ikatan Akuntansi Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPD).
  • Uji kompetensi dilaksanakan mulai tahun 2006 dan diselenggarakan setiap tahun dengan jumlah peserta variatif. Sampai dengan tahun 2018 sudah berhasil menjembatani ± 1.207 peserta uji yang terdiri dari siswa SMK Negeri 1 Pedan dan siswa sekolah-sekolah lain, guru dan praktisi untuk mendapatkan sertifkat kompetensi.